Categories
Aktivitas Perusahaan Artikel Konstruksi

Mengenal karet EPDM dan cara aplikasinya

Atap merupakan bagian penting dari suatu bangunan. Ia menaungi seluruh ruangan yang ada di bawahnya dari panas, debu, hujan, angin,  dan sebagainya. Atap juga menjadi salah satu bagian yang memperindah bangunan.

Salah satu jenis atap yang kerap digunakan yaitu membran. Selain berfungsi sebagai waterproofing, atap membran juga membuat suatu bangunan menjadi lebih indah. Adapun jenis membran yang banyak menjadi pilihan, yaitu jenis EPDM.

Apa itu EPDM?

Membran EPDM merupakan membran berbahan karet Kelas M menurut standar D-1418 ASTM; kelas M terdiri atas elastomer yang memiliki rantai jenuh jenis polietilena (huruf M berasal dari polimetilena, istilah yang lebih tepat).

Membran EPDM mempunyai karet dengan tulang punggung polimer jenuh, jauh lebih tahan panas, cahaya, dan ozon, daripada karet tidak jenuh seperti karet alami, SBR, atau polikloroprena (Neoprena).

Jadi, EPDM dapat diformulasikan agar tahan suhu hingga 150°C, dan, jika diformulasikan dengan baik, dapat berada di luar ruangan selama bertahun-tahun atau puluhan tahun tanpa rusak. EPDM memiliki sifat suhu-rendah yang baik, dengan sifat elastis hingga suhu -40°C tergantung pada mutu (grade) dan formula.

Membran EPDM sangat tahan terhadap panas, ozon, kukus (steam), dan cuaca. Karet ini juga merupakan insulator listrik. Sebagai elastomer yang tahan lama, EPDM itu kedap, dapat menyesuaikan bentuk (conformable), dan insulator yang baik. EPDM padat dan busa EPDM terkembang sering digunakan untuk perapat dan gasket, serta membran dan diafragma.

EPDM sering digunakan untuk komponen yang harus mencegah aliran cairan sekaligus tetap fleksibel. Karet ini juga dapat digunakan untuk memberi cushioning atau elastisitas. Meskipun memiliki kekuatan tarik yang cukup baik, EPDM bersifat lentur sehingga tidak cocok untuk komponen kaku, seperti roda gigi, batang mesin, dan palang struktur.

Membran karet sintetis ini juga digunakan untuk atap rumah datar karena tahan lama dan hemat biaya pemeliharaan. Sebagai membran atap, karet ini tidak mencemari air hujan larian (yang sangat penting untuk penampungan air hujan).

Pengaplikasian membran jenis ini relatif mudah terutama pada area-area yang luas dan terbuka.

Tahapan proses aplikasi membran EPDM 

Siapkan Sistem perekatan menggunakan screw dan washer

Bentang membrane EPDM pada pagian tepi pojokan dan perimeter membran dilebihkan max 150mm
Pastikan tepi lembaran overlap 10 cm
Aplikasikan pelarut pada area tepian membrane yang overlapping
Setelah 10-12 menit pelatur sudah mongering rekatkan bagian overlapping
Press bagian overlap menggunakan roller metal

Siap untuk bekerja sama dengan kami untuk mengaplikasikan atap membran EPDM buat gedung Anda? Jangan ragu untuk mengontak kami:

Mobile: 0812-1049-512

Email: kontak@arcon.id

Telepon: (021)-8473512

Atau silakan hubungi kami lewat message box di kanan bawah halaman ini (via Whatsapp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via WA
Anda butuh bantuan?
Hello,
Apa yang bisa kami bantu?