Categories
Aktivitas Perusahaan Artikel Referensi Proyek

Waterproofing EPDM Membrane

Waterproofing EPDM Membrane adalah pekerjaan pelapisan kedap air di bagian permukaan substrat dengan memanfaatkan material EPDM Membrane.

EPDM Membrane merupakan membran single-ply yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti waterproofing ruang bawah tanah, atap/balkon, sambungan dilatasi/expansion joints, atau area basah dan fasad bangunan.

Selain digunakan sebagai waterproofing pada bangunan, membran ini juga dapat diaplikasikan pada penampungan air buatan seperti kanal, waduk, danau buatan, tambak ikan, kolam industri dan penampungan air limbah.

Kelebihan EPDM Membrane

Material ini memiliki daya tahan lebih lama dan minim, bahkan tidak memerlukan perawatan waterproofing di kemudian hari. Sebabnya, salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh EPDM Membrane yaitu Superior Durability and Longevity (daya tahan yang super).

Aplikasi waterproofing EPDM relatif singkat karena ukuran material yang besar; ukuran 1 roll mencapai 40 m2 (2 m × 20 m), hal ini juga membuat EPDM minim sambungan.

Adapun beberapa kelebihan lain cara ini yaitu:

  1. Tahan terhadap UV, ozon, dan polusi udara
  2. Tahan terhadap suhu ekstrem, yaitu -40˚C sampai +160˚C
  3. Sesuai dengan beberapa penelitian global, bahan ini memiliki masa pakai rata-rata lebih dari 30 tahun
  4. Tidak memerlukan gas dan api, sehingga tidak ada kemungkinan kebakaran saat aplikasi
  5. Ramah lingkungan dan dapat didaur ulang
  6. Bobot yang ringan sehingga tidak memberatkan struktur eksisting
  7. Sebagai lapisan anti-root barrier. Cocok diaplikasikan pada desain atap hijau dan pekerjaan landscape pada rooftop

Pada umumnya, aplikasi EPDM harus dilakukan oleh aplikator khusus waterproofing sehingga tercapai semua tujuan dan benefits yang dimiliki oleh material tersebut. Arcon adalah aplikator khusus waterproofing yang sudah terpercaya untuk melaksanakan pekerjaan aplikasi waterproofing membran EPDM.

Aplikasi waterproofing EPDM Membrane dapat dikombinasikan dengan XPS Board, yaitu Extruded Polystyrene Thermal Insulation Board. XPS Board memiliki struktur distribusi sel tertutup yang merata, hal tersebut membuat XPS Board lebih resistance terhadap hamparan panas.

Pada aplikasi kombinasi waterproofing EPDM Membrane, XPS Board memiliki fungsi sebagai thermal insulation, sehingga suhu di dalam ruangan tetap terjaga. Hal ini sangat dibutuhkan pada bangunan data center/control building yang memiliki ruangan server, sehingga ruangan tersebut tidak melebihi dari suhu yang sudah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via WA
Anda butuh bantuan?
Hello,
Apa yang bisa kami bantu?